Diskominfo HSS Gelar Sosialisasi Keamanan Informasi dengan tema “Security Awareness: Meningkatkan Kesadaran dan Perlindungan Data"

By Aldi Nugraha in Berita Keamanan Siber

Berita Keamanan Siber
Rabu (24/04). Seiring dengan kemajuan teknologi dan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), tantangan di ranah siber semakin kompleks dan merata, menuntut pemahaman yang lebih mendalam tentang keamanan informasi.
 
Untuk mengatasi ini, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Hulu Sungai Selatan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Keamanan Informasi dengan tema "Security Awareness di Lingkup Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan”.
 
Acara tersebut diadakan di Gedung 2 BKD Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dengan pembukaan yang dipimpin oleh Kepala Diskominfo Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Hj. Rahmawaty, ST, MT, didampingi oleh Kepala Bidang Persandian dan Statistik Diskominfo Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Nani Yuniarty, S.STP.
 
Security awareness adalah kesadaran atau pemahaman individu tentang pentingnya menjaga keamanan informasi dan sistem. Ini melibatkan pengenalan terhadap berbagai ancaman keamanan seperti phishing, social engineering, malware, dan serangan-serangan siber lainnya, serta langkah-langkah untuk mengidentifikasi, mencegah, dan merespons ancaman tersebut. Melalui peningkatan security awareness, individu diharapkan dapat lebih waspada dan siap menghadapi risiko keamanan yang muncul, membantu melindungi data pribadi dan institusional dari potensi serangan siber.
 
Dalam sambutannya, Kepala Diskominfo Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Hj. Rahmawaty, menekankan bahwa kemajuan teknologi informasi membawa manfaat besar, namun juga membawa tantangan baru, terutama dalam hal keamanan informasi. Untuk itu, meningkatkan security awareness merupakan kewajiban seluruh individu di setiap organisasi.
 
Terdapat empat pemberi materi dalam kegiatan sosialisasi ini, yaitu:
1.  Kepala Dinas Kominfo Kab. HSS, Hj. Rahmawaty ST.MT, memberikan paparan mengenai Security Awareness
2.  Kepala Bidang Persandian dan Statistik, Nani Yuniarty S.STP., M.Sos, memberikan paparan mengenai Penggunaan Sertifikat Elektronik
3.  Anggota Tim HSSKab-CSIRT, Muhammad Aldi Nugraha A.Md.Kom, memberikan paparan mengenai Tips dan Trik Melawan Phishing
4.  Anggota Tim HSSKab-CSIRT, Ade Nugroho Situmeang A.Md, memberikan paparan mengenai Social Engineering
 
Materi-materi tersebut beserta dengan dokumen lainnya dapat di unduh pada link berikut: https://bit.ly/sosialisasi-keamanan-informasi-04-2024 
 
Kegiatan sosialisasi Security Awareness menjadi langkah penting dalam menanggapi kompleksitas dan meluasnya ancaman di ranah siber. Dalam sosialisasi ini, peserta diberikan pemahaman tentang phishing, social engineering, dan cara menghadapinya, dengan tujuan memperkuat kesadaran terhadap keamanan informasi. Semoga upaya ini dapat melindungi data pribadi dan institusional dari serangan siber yang semakin mengancam.
Back to Posts